Jumat, 09 September 2011

Ponsel Dimungkinkan Terima Sinyal GPS dan Glonass



SAN FRANSISCO - Sebuah perusahaan manufaktur perangkat, ST Ericsson, berhasil menciptakan chip yang memungkinkan ponsel menerima sinyal GPS dan Glonass.

ST Ericsson telah membuat sebuah perangkat penerima sinyal terkecil di dunia. Dengan perangkat ini sebuah ponsel dapat menerima sinyal satelit pemancar GPS versi Amerika dan Rusia, Glonass. Artinya, dengan perangkat ini sebuah ponsel akan mampu menghadirkan layanan berbasis lokasi yang lebih cepat dan lebih akurat.

Dibandingkan solusi GPS biasa, kombinasi teknologi GPS dan Globass akan mampu memberikan posisi yang akurat, khususnya di wilayah-wilayah kota besar, di mana gedung-gedung tinggi dapat menghalangi sinyal satelit. Dengan teknologi ini pula waktu loading pencarian lokasi akan lebih menghemat waktu.

Perangkat ini hanya membutuhkan dua komponen eksternal. ST Ericsson CG1950 merupakan perangkat penerima sinyal GPS/Glonass yang pertama dibuat dengan silicon 45 nanometer. Perangkat tersebut dapat diintegrasikan ke dalam ponsel dan perangkat mobile lainnya.

"Pengguna pasti merasa frustasi ketika menunggu perangkat mencari lokasi yang diinginkan. Namun masalah ini akan segera terselesaikan ketika perangkat anda menggunakan penerima sinyal buatan yang dapat mengkoneksikan diri dengan satelit GPS dan Glonass," ujar SVP Entry Solution & Connectivity Division di ST-Ericsson, dilansir melalui Cellular News, Jumat (23/2/2011)

CG1950 akan memberikan konsumsi tenaga yang memungkinkan pelacakan lebih dari 30 jam dengan standar baterai 850 mAh. (srn)

0 comments:

Posting Komentar