Kamis, 27 Desember 2012

Busway Baru Dilengkapi Pemadam Kebakaran Otomatis dan CCTV

Trans Jakarta Busway (Foto: Nazar Ray)

Mulai Januari 2013 Gubernur DKI Jakarta Jokowi berjanji menambah sedikitnya 600 unit armada bus Trans Jakarta Busway. Dari jumlah tersebut, 23 armada di antaranya sudah mulai berdatangan di pangkalan bus Trans Jakarta di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Bus-bus gandeng tersebut rencananya mulai dioperasikan awal 2013. Armada baru yang didatangkan langsung dari Zhong Tong Cina ini diklaim lebih aman, nyaman dan canggih dibandingkan bus-bus Trans Jakarta sebelumnya, yang rencananya akan melayani koridor 1 (Blok M - Kota) dan koridor 8 (Harmoni - Lebak Bulus).

DAMRI sendiri akan mengoperasikan unit Articulated high-deck bus Euro V ini pada koridor 1 dan 8.

Armada bus baru memiliki beberapa keunggulan, misalnya dilengkapi Global Position System (GPS), announcer dan display otomatis. Artinya pengemudi tidak perlu menekan tombol lagi, tapi secara otomatis akan menginformasikan nama halte begitu bus mendekati halte.


Kemudian untuk mengantisipasi kriminalitas, bus Trans Jakarta asal Cina ini dimodali kamera pengintai atau CCTV. Di dalam bus telah terpasang 5 kamera CCTV yang langsung dipantau dari ruang kemudi. Di antara ruang pengemudi dan penumpang ada sekat pembatas agar pengemudi tidak terganggu oleh aktivitas penumpang saat menyetir bus.

Selain itu, Busway baru ini dilengkapi pemadam kebakaran otomatis dan manual, serta akses pintu yang lebih leluasa bagi para penumpang jika terjadi keadaan darurat. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada 7 palu yang disediakan untuk memecahkan kaca saat kondisi darurat.

"Untuk keselamatan, ada pemadam api otomatis yang berada di ruang kamar mesin. Pemadam api yang manual ditempatkan beberapa tabung pemadam biasa. Kemudian akses pintu dapat dibuka seluas mungkin jika terjadi kejadian luar biasa, sehingga pintu dapat dibuka secara bersamaan saat dibutuhkan atau keadaan emergency," ujar seorang petugas teknis Trans Jakarta.

Penambahan bus gandeng ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan, agar penumpang tidak perlu menunggu lama terhadap kedatangan bus di halte. Keberadaan armada baru Trans Jakarta diharapkan menjadi awal bagi terciptanya infrastruktur transportasi yang nyaman dan aman bagi warga Jakarta. (kpl/nzr/bun)

Sumber

0 comments:

Poskan Komentar