Kamis, 27 Desember 2012

Jangan Lakukan 10 Hal Ini Sebelum ke Luar Negeri

Oleh Putri Rizqi Hernasari

(dok. Thinkstock)

Jakarta - Melakukan perjalanan ke luar negeri tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak persiapan yang dilakukan, termasuk kesiapan diri. Inilah 10 hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum traveling ke luar negeri.

Diintip dari Smarter Travel, Jumat (13/12/2012), inilah 10 hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum traveling ke luar negeri:

1. Tidak tahu cuaca

Mengetahui cuaca di destinasi tujuan sangat penting. Ini memengaruhi persiapan Anda, seperti barang apa saja yang dibutuhkan. Apalagi, kalau destinasi yang dikunjungi memiliki 4 musim. Turis harus tahu dengan pasti musim apa yang sedang berjalan di sana. Jangan sampai Anda datang ketika musim salju, sedangkan pakaian yang dibawa adalah untuk musim panas. Gawat!

2. Meninggalkan rumah seperti pergi sebentar

Pergi traveling, terutama yang mengharuskan menginap, tentulah berbeda dengan jalan-jalan sebentar seperti belanja atau kerja. Oleh karena itu, jangan tinggalkan rumah dalam kondisi seperti ditinggal sebentar. Orang asing bisa lebih mudah mengetahui ada Anda di rumah/tidak.

Anda harus tetap mengecek lampu, menutup jendela dan mengunci pintu rapat-rapat. Ini adalah salah satu cara untuk menjaga keamanan rumah.

3. Tidak punya salinan paspor

Ketika ke luar negeri, jangan lupa untuk membawa salinan atau kopian paspor. Ini berguna untuk membantu Anda jika suatu saat kehilangan paspor.

4. Membawa sedikit uang tunai

Membawa uang tunai ketika traveling sangatlah penting, terutama jika destinasi yang dikunjungi tidak memiliki banyak mesin ATM. Selain itu, tidak semua rumah makan menerima kartu kredit untuk pembayaran. Jadi, membawa uang tunai tidak boleh diabaikan.

5. Lupa waktu penerbangan

Ini dia hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui, yaitu waktu penerbangan. Fatal sekali jika seorang traveler lupa atau bahkan tidak tahu waktu penerbangan.

Biasanya, jam penerbangan tercantum di tiket. Salah-salah Anda bisa ketinggalan pesawat yang sudah dipesan sejak lama.

6. Tidak ada rencana untuk hal yang kecil

Dalam perjalanan, hal-hal kecil seperti transportasi dari bandara ke hotel, atau menentukan tempat makan saat berada di sana sering terlupakan. Padahal, ini adalah bagian yang tidak boleh tertinggal saat traveling. Tidak memiliki rencana untuk hal kecil seperti itu, malah bisa merusak liburan.

7. Lupa batas akhir berlaku paspor

Sama seperti kartu identitas lain, paspor juga memiliki tanggal terakhir masa berlaku. Biasanya, suatu negara tidak akan mengeluarkan izin traveling ke turis, jika paspor yang dibawanya sudah mendekati tanggal akhir berlaku. Oleh karena itu, sebelum traveling jangan lupa untuk mengecek masa berlaku paspor.

8. Packing di menit-menit terakhir

Ini dia yang paling sering dilakukan kebanyakan turis sebelum traveling. Mereka biasanya akan membereskan segala keperluan yang akan dibawa tepat sebelum berangkat. Hasilnya, kemungkinan barang yang tertinggal akan lebih besar.

Ini sangat tidak boleh dilakukan terutama jika Anda traveling ke negara dengan 4 musim. Setiap musim memiliki barang keperluan yang berbeda dan tentunya penting.

9. Belum mengubah setingan ponsel

Biasanya, karena alasan tidak mau repot, traveler memilih tetap menggunakan provider negara asal ketimbang membeli nomor lokal. Tapi ada satu hal sering terlupakan, mereka lupa mengatur layanan ke jaringan internasional.

Inilah hal yang tidak boleh dilupakan. Jika sampai terlewat, jangan kaget kalau ponsel tidak mendapat sinyal atau tagihan membengkak karena terkenal roaming.

10. Tidak ada yang tahu jika Anda pergi

Untuk alasan keamanan, jangan lupa untuk memberi tahu orang lain kalau Anda akan melakukan perjalanan jauh, seperti tetangga.

Mintalah ia untuk sesekali melihat kondisi rumah. Tapi jangan pernah mengumumkan kepergian Anda ke media sosial, karena ini memberi peluang penjahat untuk melancarkan buruknya.

0 comments:

Posting Komentar