Jumat, 28 Desember 2012

Pemkot Bandung Siap Kembangkan Smart City

kabartangsel.com

Bandung - Pemkot Bandung berencana mengembangkan sistem pelayanan publik berkonsep Smart City yang memanfaatkan kecanggihan informasi teknologi. Selain itu juga bakal menerapkan pula konsep Smart Government.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kota Bandung Edi Siswadi di Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (26/12/2012). "Smart City kaitannya dengan konsep layanan Pemkot Bandung untuk mempermudah dan mempercepat daya kota yang bersaing tinggi sehingga bisa mengarah kepada good look city," jelas Edi.

Menurut Edi, ketika daya saing kian tinggi lantaran sistem pelayanan semakin baik, tingkat investasi pun bakal secara otomatis akan bernilai positif. "Ini bisa mengundang investor segera berdatangan," ucapnya.

Lebih lanjut Edi menuturkan, pihaknya sedang merancang konsep Smart City yang sistem pelayanannya ditujukan kepada unit-unit percontohan seperti di unit pendidikan, kesehatan, perijinan, pajak, dan pengendalian aset-aset. Edi memberikan ilustrasi bidang kesehatan terkait penyediaan obat di tiap puskesmas.

"Supaya tidak boros semuanya bisa terkendali dengan kondisi kesehatan masing-masing warganya. Sehingga obat didrop itu akan sesuai dengan spesifikasi. Karena 'kan bisa saja sekarang, obat tidak digunakan karena dropingnya tidak sesuai dengan spesifikasi pasien yang ada. Sebaran atau distribusi obat nanti akan terkoneksi dengan spesifikasi-spesifikasi pasien yang ada di puskesmas," paparnya.

Contoh lainnya soal parkir. Saat ini, sambung Edi, kalau di dalam gedung kerap bolak balik mencari tempat parkir dan tentu menghabiskan waktu lama. "Nanti dengan Smart Card melalui penerapan pola GPS, bisa diketahui begitu masuk parkir ada slot berapa, dan dimana parkir kosong," terangnya. (bbn/ern)

Sumber

0 comments:

Posting Komentar