Jumat, 09 September 2011

Bocah Korea Selatan 'Dipersenjatai' GPS


SEOUL - Kejahatan seksual kini sedang menghantui Korea Selatan, khususnya menyasar anak-anak. Oleh karena itu, anak-anak di wilayah tersebut kini diwajibkan untuk membawa peralatan keamanan.

Salah satu peralatan keamanan adalah alarm canggih yang dilengkapi Global Positioning Syste, (GPS) dan kamera terintegrasi serta mampu mengirimkan peringatan ke pihak berwajib jika bahaya mengancam anak-anak tersebut.

Dilansir melalui Yahoo News, Kamis (29/7/2010), perangkat alarm itu akan diujicobakan kepada 1.200 anak sekolah dasar di Kota Anyang pada bulan Oktober nanti.

"Jika ujicoba ini berhasil kami akan menerapkannya ke seluruh anak-anak di Korea Selatan," ujar Kementerian Administrasi dan Keamanan Publik Korea Selatan.

Semua anak akan dapat menggunakan alarm seukuran korek api ini, yang dilengkapi dengan teknologi GPS untuk mengaktifkan kamera dan alat peringatan terdekat, baik yang dimiliki kepolisian maupun orang tua melalui ponsel yang ada.

Pemerintah telah meningkatkan pemantauan anak sekolah setelah terjadinya beberapa kali peristiwa kejahatan, baik seksual maupun kekerasan, terhadap anak-anak.

Sebelumnya, polisi Korea Selatan mengaku telah menangkap pelaku paedofilia berusia 44 tahun dengan tuduhan penculikan dan pemerkosaan terhadap anak perempuan berusia delapan tahun yang diculik sepulang sekolah. (srn)

0 comments:

Posting Komentar